Kamis, 23 April 2015

Dahsyatnya Jatuh Cinta | Oleh Cahyadi Takariawan


Oleh Cahyadi Takariawan

Adakah kerugian orang yang jatuh cinta? Tentu saja ada dan sangat banyak daftarnya. Saya contohkan dua hal saja.

Pertama, ketika orang jatuh cinta cenderung bersifat tidak rasional. Ini membahayakan saat harus mengambil keputusan untuk menikah. Karena menikah itu peristiwa sakral dan berdampak seumur hidup, bahkan sampai akhirat, mestinya diputuskan dalam suasana rasional dan penuh pertimbangan. Celakanya, orang yang jatuh cinta sudah tidak bisa menerima masukan.

Itulah sebabnya, banyak orang tua mengatakan anaknya sudah terkena guna-guna karena jatuh cinta kepada seseorang yang tidak sepadan dengan posisinya. Padahal sama sekali bukan karena guna-guna atau mantera, namun memang seperti itulah gejala jatuh cinta. Sangat tidak rasional, dan cenderung seperti orang yang mengalami gangguan jiwa.

Kedua, ketika cinta tidak bisa bersatu, terasa benar sakitnya di dalam jiwa. Sakitnya tuh di sini....

Karena alasan tertentu, seperti tidak direstui orang tua, ditentang keluarga, masalah beda agama, atau masalah lain yang membuat sepasang kekasih dimabuk cinta tidak bisa meneruskan hubungan ke jenjang pernikahan.

Rasa sakit segera mendera jiwa mereka karena kasih tak sampai, dan bisa terus dirasakan hingga sepanjang hidup mereka. Kecuali jika mereka mampu membersihkan jiwa dengan pendekatan diri kepadaNya sesuai tuntunan agama, maka pengaruh masa lalu itu akan bersih tanpa sisa.

Coba ingat kembali kisah mengharukan di akhir tahun 2014 kemarin. Gadis asal Bulukumba, Sulawesi Selatan, Ris (22 tahun) merasakan sangat sedih karena terpaksa ditinggal menikah oleh pacarnya Ra (25 tahun). Ia nekat hadir dalam resepsi pernikahan Ra.

Dengan berlinangan air mata Ris nekat mendekap Ra yang sedang bersanding dengan isterinya di pesta pernikahan tersebut. Ra yang tak kuasa melihat tangis Ris segera memeluk haru.

Pernikahan yang awalnya penuh gembira berubah penuh tangis haru yang turut membuat pengantin perempuan, keluarga dan undangan menitikan air mata.

Sedih banget ya....

Maka hati-hati menjaga hati. Jangan mudah terinfeksi oleh virus yang akan membawa sakit hati.

Simak selengkapnya di 
http://kesehatan.kompasiana.com/kejiwaan/2015/03/18/the-power-of-love-dahsyatnya-jatuh-cinta-730955.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar