Kamis, 13 Juli 2017

KESABARAN MENGANGKAT DERAJATNYA


Suatu saat datang satu anak muda. Berkulit hitam, nyaris legam. Dari tampang, bagaikan orang Arab, atau negro. Namanya Ustman.


Beliau rupanya menunggu saya, berhari-hari. Saya ya kebetulan keluar-keluar kota. Berhari-hari pula. Beliau menunggu di masjid pesantren.

Hingga satu pagi agak-agak siang, saya datang. Ya parkirnya persis di masjid belakang. Saya turun, anak muda ini senyum menghampiri.


Beliau menyapa saya dengan bahasa Arab. Mengutarakan maksud, pengen ngobrol.
Saya lalu memberi isyarat mata dan tangan, agar beliau duduk di teras samping masjid. Dan saya pertegas dengan kalimat. “Ijlis hunaak yaa syaab… Duduk di situ ya anak muda…”.

Beliau menoleh tempat yang saya suruh duduk. “Na’am, ya,” jawabnya.

Saya bilang, jangan kemana-kemana, sampe saya nyamperin lagi kamu. Tanpa nunggu komando, beliau lalu bergegas ke teras masjid, dan menunggu dengan duduk di sana. Saya sempet melihat beliau duduk. Bahkan saya pun mengingat posisi beliau duduk. Gaya beliau duduk pun saya ingat. Sikap sempurna duduk menunggu.

Subhaanallaah… Saya dikasih lupa sama Allah. Saya ingat-ingat, malam hari. Saya pun dikasih urusan harus keluar pesantren.


Balik-balik ke pesantren, malam hari. Dan saya dikasih lupa terhadap anak muda ini.

Saya terkejut, ketika saya balik malam itu, Ustman, ternyata masih di posisi duduknya! Di teras. Dengan posisi dan gaya yang ga berubah. Belakangan saya dapat info dari kawan-kawan, anak muda ini hanya bergeser untuk shalat. Lalu kembali lagi langsung. Tanpa makan, tanpa minum.

Perintahnya jelas: Disuruh menunggu di tiitk teras yang disuruh ustadz. Allah kariiiim… Saya benar-benar terkejut. Ga nyangka.

Itulah Ustman. Sosok muda yang sekarang menjadi salah satu pimpinan di Daarul Quran. Kesayangan para syeikh-syeikh Makkah Madinah yang berkunjung.

Kesabaran, dan “kegilaannya” nunggu, membuat Allah mengangkat derajatnya. Sekarang ini, bupati di daerahnya pun hormat padanya. Santri-santri pun mencintai dirinya. Subhaanallaah…


Duluuu… Guru saya pernah manggil saya… Beliau menunjuk pada serpihan — maaf — kotoran kambing.

“Suf… Ini tai kambing atau cokelat…?” Saya memahami, guru saya lagi pengen bercanda dengan saya.

Saya jawab dengan jawaban salah. Supaya beliau senang, supaya beliau yang menang. “Cokelat, Ustadz…”. Beliau tertawa senang…

Saya sempat terkejut ketika guru saya ini melanjutkan perkataannya. “Kalo kata kamu cokelat, berani makan ini…”

Saya bilang dengan mantab, “Berani Ustadz…” Sambil saya mengambil “serpihan” kotoran kambing tersebut. Dan saya makan!

Sumber: yusufmansur.com

Repost by : ngajibarengYM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar