Selasa, 18 Juli 2017

Mendidik Anak

Mendidik Anak
Bagian II:

Catatan Ustadz Yusuf Mansur


sekali lg, sehebat apapun perlindungan, penjagaan, proteksi kita thd anak kita, siapa pula yg mampu 24 jam mengawasi? Sehebat apapun kita kemudian mengajarkan anak kita, trmasuk ketika dititip ke pesantren yg notabene, 24 jam pengawasan, pun ada lengahnya, ada cacatnya sistem pengawasan dan pengajaran. Maka sebaik2nya penyempurna ikhtiar kita, ya Allah. Tuangkan di atas sajadah segala kekhawatiran kita ttg anak2 kita, dan apa yg diinginkan oleh kita untuk anak2 kita. Jgn lupa, yg adil sama anak. Perhatikan juga haknya tumbuh sbg anak, dan remaja.

Subhaanallaah. Dg demikian, entenglah hati saya, legalah perasaan saya. Manakala saya menyadari bhw Allah Maha Kuasa dan Maha Mendengar sgl keluhan kita, trmasuk ttg anak2 kita. Banyak2 minta ampun jg sama Allah, dari sgl kekurangan dan kesalahan kita sbg orang tua. Barusan tadi, barusan banget, wirda lapor, haafid susah banget ngaji. Kabur2an melulu. Wirda blg, doain Pah… Nah, ini. Cakep banget. Saya tdk diminta wirda ngejar haafidz. Sbb dipastikan anak kita lbh pintar. Akhirnya tar kesel. Kesel dua2nya. Kita kesel, anak nangis. Dan ngaji? Ga enjoy. Maka saya minta wirda ngasih tau mamahnya (istri saya), qumii, kun, dan ust arifin gurunya, agar duduk tenang baca shalawat 10-100x. Trus doa. Kemudian baru deh panggil haafidz.

Lagi2 ajaib. Haafidz seperti ada yg mbimbing. Haafidz kemudian duduk sila bergabung. Subhaanallaah…!!! Saya, kami, kagum sama Kebesaran Allah, dan kemuliaan Nabi Muhammad yg dipakaikan kemuliaan dari Allah. Yaaah, akhirnya saya brpesan kpd orang2 tua, agar bnr2 luangkan wkt u/ bersepi2 sama Allah, shalat, doa yg khusus, yg khusyu’, penuh ngeri, penuh harap, penuh iba di hadapan Allah, ttg anak2 kita. Alhamdulillaah pelajaran ini Allah yg berikan. Maaf ya, bkn tanpa ikhtiar loh. Tp lbh mementingkan bhw doa, shalat, shalawat, sedekah, adalah campuran kombinasi yg tramat penting, yg ngalahin segala metode, trutama dlm mendidik anak.
(YM)


source: https://telegram.me/MadrasahParenting 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar