Kamis, 27 Juli 2017

BANGUN DI TEMPAT YANG BERBEDA

Kuliah Pagi
☕️☕️☕️☕️☕️

BANGUN DI TEMPAT YANG BERBEDA

TIDUR adalah sesuatu yang amat istimewa. Kita begitu akrab dengan istilah ini. Tanya kepada siapapun di muka bumi ini, adakah yang tahan tidak memejamkan mata sepanjang waktu? Tidak ada. Semua manusia butuh tidur untuk mengistirahatkan mata dan mengistirahatkan badan.


“Dialah yang menjadikan untukmu malam  pakaian, dan tidur untuk istirahat, dan Dia menjadikan siang untuk bangun berusaha.” (al Furqân: 47).

Tidur ada juga yang mengatakan merupakan bagian dari proses penyegaran jiwa. Sebegitu dekatnya kita dengan tidur, membuat kita lantas menyangka dan yakin bahwa di ujung tidur besok kita pasti bisa bangun kembali, dan segera memulai aktifitas keseharian. Tanya saja diri kita sendiri. Niscaya kita pun punya keyakinan yang sama.


TIDUR PANJANG

Di suatu malam, di penghujung tidur, saya merenungi firman-firman Allah di dalam surah Yâsîn: 51-54, yang menceritakan tentang bangkitnya orang-orang dari ‘tidur panjangnya’.

“Dan ditiuplah sangkalala, maka tiba-tiba mereka keluar dengan segera dari kuburnya  kepada Tuhan mereka. Mereka berkata: “Aduhai celakalah kami! Siapakah yang membangkitkan kami dari tempat-tidur kami ?” Inilah yang dijanjikan  Yang Maha Pemurah dan benarlah Rasul-rasul. Dengan hanya sekali teriakan saja, maka tiba-tiba mereka semua dikumpulkan kepada Kami. Maka pada hari itu seseorang tidak akan dirugikan sedikitpun dan kamu tidak dibalasi, kecuali dengan apa yang telah kamu kerjakan.”

Saya sedikit berpikir. Berpikir tentang tidur, sebagai pengantar tidur. Kali ini, ada kedamaian terasa di hati. Kita pasrah kepada Sang Pengampun. Kita pasrah kepada Sang Pemilik Tidur. Kalau kita harus tidur untuk selamanya, hingga tiba saatnya hari berbangkit, kita pasrah. Sebab kita tahu, bahwa Allah Maha Pengampun, lagi Maha Penyayang. Dan kita berharap, di ujung tidur ini, Allah memberikan ampunan dan rahmat bagi kita.

“Dan Dialah yang menidurkan kamu di malam hari dan Dia mengetahui apa yang kamu kerjakan di siang hari, kemudian Dia membangunkan kamu pada siang hari untuk disempurnakan umur yang telah ditentukan , kemudian kepada Allah-lah kamu kembali, lalu Dia memberitahukan kepadamu apa yang dahulu kamu kerjakan.” (al An’âm: 60).

Source Buku Kado Ingat Mati
Tulisan Ustadz Yusuf Mansur

Repost by  t.me/NgajiBarengYM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar