Kamis, 27 Juli 2017

SALAT SUNNAH


Siapa yang ketika masuk masjid, ia shalat tahiyyatul masjid, yang sangat disunnahkan Rasul? Yang bahkan Rasul bilang, kalau tidak sempat melakukan salat sunnah tahiyyatul masjid, gantilah dengan membaca jantungnya zikir 3x; subhânallâh, walhamdulillâh, wa lâ ilâha illallâh, wallâhu akbar 3x. Atau jangan-jangan kita jarang ke masjid, dan tidak mengetahui adanya salat sunnah tahiyyatul masjid?


Saudaraku, salat berjamaah, dan salat di masjid, adalah kegemarannya Rasul, kesukaannya Rasul. Tidakkah kita tergerak untuk juga salat berjamaah dan shalat di masjid, untuk juga menunjukkan bahwa kita mencintai Rasul dan mau mengikuti petunjuknya Rasul?


Apalagi masjid, rumah Allah, adalah tempat yang bisa menentramkan hati yang sedang berduka. Rumah Allah, alias masjid, bisa menenangkan hati yang sedang khawatir. Dan siapa yang bermasalah, lalu mau mengi’tikafkan diri di masjid, di rumah Allah, niscaya Allah akan berikan ketenangan, kesabaran dan jalan keluar bagi setiap kesulitannya.

Dan, tahukah saudaraku, salat berjamaah, selain mendatangkan rizki berlipat hingga dua puluh tujuh kali lipat, ia pun dapat menolak bencana sekiranya bencana itu ditetapkan datangnya bagi kita. Semua ini diperuntukkan bagi kita yang mau menegakkan salat.

Begitu juga terhadap salat-salat sunnah yang lainnya. Siapa yang membiasakan diri salat sunnah dhuha, salat sunnah hajat, salat sunnah tahajjud, dan lain sebagainya? Salat-salat ini demikian besar keutamaannya. Tapi lihat, kita seringkali mengabaikannya. Entah karena kita tiada memahaminya, tiada mengetahuinya lantaran ketidaan ilmu, atau karena kemalasan dan kelalaian kita.

Entahlah. Yang pasti, bila kita mencintai Rasul dan mau dicintai olehnya, mestinya kita bersungguh-sungguh menjalankan sunnahnya.

(salam yusuf mansur/rf)

Repost by https://t.me/NgajiBarengYM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar