Kamis, 27 Juli 2017

Takbir dan Mental Muslim



Setiap hari kita mendengar adzan. Setidaknya 5 kali sehari semalam. Bahkan, kadang dalam satu waktu shalat, kita ga cuma denger 1 adzan aja, Tapi bisa dua, tiga.

Dan di dalam 1 adzan, ada 2 kali ungkapan “Allaahu Akbar.. Allaahu Akbar..” Yakni di awal dan di akhir adzan.

Yang itu berarti, kita udah puluh-puluhan kali denger “Allaahu Akbar”, “Allah Maha Besar”


Tapi yang kemudian menjadi pertanyaan, kenapa ga ngefek ke kita? Kenapa ngefeel ke kita?

Jangan-jangan karena kita ga paham apa artinya. Jangan jangan kita ga resapin apa maknanya.

Dan kemudian, ketidakpahaman ini yang jadi penyebab kita merasa kecil terus jadi orang.

“Hadeh rumah gede kayak gini, ga bakal kebeli sama gue”
“Boro-boro mau pegi haji umroh, utang aje masih bejibun.. ”
Nah kan… Kayak gitu tuh…
Karena kita ga paham makna “Allaahu Akbar”.
Bagi ente, yang kayak begitu-begitu gede. Tapi bagi Allah.. itu kecil banget!
Apa ada masalah ente yang lebih besar dari Allah?
Apa ada kesulitan ente yang lebih besar dari Allah?
Apa ada doa dan keinginan ente yang lebih besar dari Allah?
Ga ada!

“Ya Allah.. beri saya mobil.”
Yaaaah… kecil amat mintanya. Muslim kok ga pede, ga merasa gede.
“Ya Allah… beri saya 1000 mobil ya Allah.. 1 buat saya pake, 999 nya mau saya kasih buat inventaris mesjid-mesjid..”
Naaah! Yang begini baru orang Islam. Cakep kan dengernya?
Orang-orang yang bilang, “Ustadz.. saya mau beli ini, beli itu, kepengen ini, kepengen itu.. tapi ga punya duit” Jawaban saya: Salah itu, bukan ga punya duit, tapi ga punya Allah!
“Saya punya Allah kok ustadz. Saya shalat”
Iya. Tapi ga ngefek itu shalat ke Saudara. Takbir yang saudara baca gak berdampak sama mental Saudara.
Coba kita tengok dan belajar dari doa Nabi Sulaiman kepada Allah. Surah Shad ayat 35

“Dia (Sulaiman) berkata, “Ya Tuhanku, ampunilah aku dan anugerahkanlah kepadaku kerajaan yang tidak dimiliki oleh siapapun setelahku. Sungguh, Engkaulah Yang Maha Pemberi.”

Nah… cakep banget kan. Nabi Sulaiman mencontohkan kepada kita nih, muslim yang punya Tuhan Allah, untuk bermental, bermimpi, dan berdoa yang besar. Yang luar biasa pede dan ga tanggung-tanggung.
Sebab apa?

Sebab 100000% yakin, bulet, kalo yang diajak ngomong, yang diminta, itu Allah.
Allah. Yang Maha Pemberi. Yang Maha Mutlak Kuasanya. Yang sekali bilang “Kun” maka ga akan ada yang bisa nolak kehendaknya terjadi.  
                      

SUMBER: WWW.YUSUFMANSUR.COM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar