Jumat, 07 Juli 2017

LU YAN YUI dan DAKWAH MBAK-MBAK

LU YAN YUI dan DAKWAH MBAK-MBAK
@salimafillah

Catatan sejarah Dinasti T'ang, Chiu T’ang Shu mencatat kunjungan diplomatik dari orang-orang Ta Shih (Arab). Orang-orang Ta Shih ini, merupakan duta dari Tan mi mo ni’ (Amirul Mukminin) ke-3, Khalifah 'Utsman bin Affan. Utusan Khalifah itu diterima secara terbuka oleh Kaisar Yung Wei dari Dinasti T'ang.


Chiu T'ang Shu juga mencatat nama para Khalifah berikutnya yang sering mengirim utusan dan memperkenalkan agama Islam kepada Kekaisaran. Dari Daulah 'Abbasiyah ada nama Abul 'Abbas Ash Shaffah (A-bo Loba), Abu Ja’far Al Manshur (A-pu-cha-fo), dan Harun Ar Rasyid (A-Lun). Diketahui pula pada masa Daulah 'Umayyah ada 17 duta muslim datang ke China, sementara di masa 'Abbasiyah dikirim sebanyak 18 duta.


Kronik ini memperkenalkan Islam dengan sebutan Yisilan Jiao yang berarti ‘agama yang murni’. Makkah pun disebut sebagai kota suci tempat kelahiran ‘Ma-hia-wu’ (Nabi Muhammad ).

Siapa kini yang banyak mengirimkan Duta yang memperkenalkan Islam? Khususnya di bagian sudut kecil Cina yang disebut Hongkong, ternyata kita dari Nusantara banyak mengirim utusan. Utusan itu adalah para Mbak-mbak Buruh Migran Indonesia.

Yang berfoto bersama kami ini jika saya tak salah merekam ingatan saat berkenalan namanya adalah Lu Yan Yui. Anak seorang majikan yang sekeluarga terpesona oleh akhlaq Mbak-mbak pekerja di rumahtangganya.


Yang seperti Lu Yan Yui saya percaya ada banyak dan terus akan bertambah banyak. Dan pekerjaan besar berbagai lembaga dakwah di Hongkong adalah membekali para Mbak-mbak dengan berbagai ilmu dan keterampilan agar menjadi duta-duta Islam terbaik melalui 'amal dan akhlaq mereka. Syabas bagi semua ikhtiyar dakwah di Hongkong.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar