Sabtu, 08 Juli 2017

CUCU

CUCU
@salimafillah

"Cucu itu uber alles je", tulis Allahuyarham Umar Kayam dalam himpunan kolomnya, 'Mangan Ora Mangan Kumpul III: Madhep Ngalor Sugih Madhep Ngidul Sugih'.


Kalau diperhatikan, cara kakek dan nenek menyayangi cucu memang berbeda dengan ayah serta ibu. Bagi sang anak dan menantu, cara Eyang Kakung dan Eyang Putri memperlakukan buah hati mereka seakan terlalu 'memanjakan'.


Itulah barangkali sebabnya, lagu Trio Kwek-kwek saat saya kecil ada penggalan syairnya, "Yang paling gagah dan berwibawa.. Papaku..", tapi kalau "Ngajak jalan-jalan, beliin mainan.. Kakekku."

Menariknya, di sela Luqman Al Hakim mengajarkan nilai-nilai kehidupan pada putranya, dimulai dengan Tauhid lalu nanti dilanjutkan dengan muraqabatullah, ibadah beserta konsekuensinya, akhlaq, dan adab; tetiba disisipkan sebuah wasiat penting sebakda tauhid bagi manusia.

"Dan Kami wasiatkan kepada manusia tentang kedua orangtuanya. Ibunya yang telah mengandungnya dengan lemah yang bertambah-tambah dan menyapihnya dalam 2 tahun. Hendaklah engkau bersyukur kepadaKu dan kepada kedua orangtuamu. KepadaKulah kamu kembali."

"Dan apabila keduanya memaksamu untuk mempersekutukan Aku dengan apa yang kau tak memiliki pengetahuan tentangnya, maka janganlah patuhi keduanya dalam hal ini. Tapi tetaplah persahabati mereka berdua dalam kehidupan dunia dengan kebaikan.." (QS Luqman [31]: 13-14)

Seakan dikatakan bahwa jika kita berharap anak-anak kita kelak tumbuh menjadi putra-putri penuh bakti, biarlah mereka melihat terlebih dahulu bagaimana kita memperlakukan sekutu-sekutu mereka yang paling pengasih dan setia; kakek dan neneknya. Sekutu, karena pertambahan usia kakek dan nenek kian menyamakan frekuensi berfikir & rasa-perasa mereka dengan cucu-cucunya.

Kedua anak saya Hilma Mumtaza Fillah dan Nawwaf Muharrik Fillah, betah sekali bermain bersama Ummi @yulyani_ummuhamas. Ini tanda bahwa kita harus menyemangati Mas @hamas.syahid untuk menyegerakan penyempurnaan separuh agama & menghadiahkan cucu pada beliau.

Ya, cepatlah menyusul De' Manis @aquinoumar yang sepertinya lebih gesit mendahului. BaarakaLlaahu fiik ya.


Mohon doa Shalih(in+at) tuk #kmgpthemovie & seluruh anasirnya; berkah senantiasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar