Sabtu, 01 Juli 2017

Iman-Zentrum, Masjid yang indah di Zurich, Switzerland.

Maha Agung Dia yang telah menjadikan sepenuh bumi sebagai MasjidNya, air laut sebagai yang suci lagi mensucikan, dan debu sebagai sarana bebersih yang menggantikan. Segala puji bagi Allah yang memberi kemudahan membasuh dua khuf dalam wudhu'; menjadi kemudahan di tengah musim dingin dan wastafel toilet yang harus selalu kering.


Zurich adalah salah satu pusat penting dalam ranah ekonomi dan perbankan dunia. Credit Suisse dan berbagai Bank yang masyhur bagi para jamhur jutawan berpusat di sini. Atau jika Shalih(in+at) tertarik bekerja di Google, salah satu kantor terbesarnya di luar Amerika berada di Zurich. Penggemar sepakbolapun dapat mengunjungi langsung kantor pusat FIFA di sini.


Ke kota inilah sastrawan Thomas Mann dan Vladimir Lenin diasingkan sebelum Revolusi, ke sini pula novelis James Joyce dan Elias Canetti menghabiskan akhir usia, sementara ideolog Max Weber, fisikawan Wolfgang Pauli, dan psikolog Carl Gustav Jung bangga bermukim padanya.

Di Zurich terletak perguruan tinggi terkemuka di Swiss: ETH Zürich. Institut teknologi ini telah menghasilkan lebih dari 20 penerima penghargaan Nobel. Albert Einstein bersekolah dan kemudian menjadi profesor di sini. Selain ETH, terdapat pula Universitas Zürich. Di sini pernah bersekolah Ernest Douwes Dekker, salah seorang perintis kemerdekaan Indonesia.

Swiss punya 3 daerah bahasa; Jerman, Perancis, dan Italia. Zurich lebih didominasi beberapa versi dialek Bahasa Jerman. Maka yang sedia berdakwah sebelum segala sesuatu lainnya -belajar dan bekerja- di sini, mari mencicil berbahasa Jerman.


Danke sehr. Ich liebe Euch alle fiLlah :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar