Rabu, 05 Juli 2017

JEJAK NABI, JEJAK IMANI

JEJAK NABI, JEJAK IMANI
@salimafillah

Sekitar lima setengah tahun lalu, kajian Majelis Jejak Nabi pertama dibuka di Masjid Jogokariyan, Yogyakarta. Saat itu, ia hanya sebuah hasrat kecil agar ada tempat yang menyajikan keindahan pribadi Rasulillah untuk mengisi ruang kosong di dada kita tentang teladan menjadi manusia, menjadi muslim, menjadi mukmin, muhsin, mushlih, dan muttaqin.


Betapa terharap majelis itu dapat menampakkan senyum Rasulullah hingga kitapun tersenyum sepertinya; menggambarkan tangis Rasulullah hingga kitapun menangis bersamanya; melukiskan cinta kasih; Rasulullah hingga kitapun berkasih sayang sepertinya; memperlihatkan keperwiraan Rasulullah hingga kitapun berani sepertinya.. Hingga kita berbaring, duduk, berdiri, berjalan, dan berlari; menjadi lelaki, suami, ayah, kakek, sahabat, panglima, pemimpin, serta guru dengan meniti teladan beliau .


Tapi siapalah Salim A. Fillah; hanya thulaibil 'ilm, masih harus bersusah payah mendidik hatinya yang kebat-kebit agar menjadi pencinta sirah dan pengikut sunnah.

Maka harapan terbesar di hatinya adalah agar mereka-mereka, para guru yang lebih kokoh keilmuannya, lebih mendalam pemahamannya, lebih merasuk penghayatannya, lebih berhak untuk mengasuh majelisnya; berkenan menyisihkan waktu mereka yang amat mahal untuk duduk dan bertekun mengenalkan Rasulullah pada khalayak.

Alhamdulillah, kini kian merebak kajian sirah, kian besar kesadaran atas pentingnya menghadirkan Rasulullah di hati dan benak diri maupun anak-anak; dan bahwa sirah ternyata adalah gambaran yang paling mudah disalin ke dalam pribadi-pribadi atas bagaimana Al Quran dan Sunnah diamalkan oleh generasi terbaik ummat ini.

Dan Majelis Jejak Nabi, dengan kefaqiran ilmu & kedha'ifan pengasuhnya; setelah berjalan rutin di sekira 9 kota, masih harus meminta maaf pada banyak jama'ah di kota lain yang mengharapkannya hadir namun belum tertakdir.

'Umrah Jejak Nabi yang kami jalani saat ini; beberapa tahun lalu adalah pinta para jama'ah kajian, yang menghendaki dilaksanakannya beberapa pembahasan di tempat terjadinya peristiwa sirah nabawiyah. Semoga PT Jejak Imani Berkah Bersama yang dibentuk sebagai wasilahnya terjaga dalam ashalahnya; untuk melayani orang-orang shalih yang hendak bertamu pada Allah, menyusuri senyum & airmata Rasulullah .


Kang Daan Aria, salah seorang yang mengasasi hadirnya Majelis Jejak Nabi di Bandung kemarin mengajak kami berfoto, dan di kanannya adalah Akhinda M. Rizaldy Latif yang termanahi mengelola PT Jejak Imani. Ya Allah, ridhailah..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar