Minggu, 02 Juli 2017

NAMA KOTA

NAMA KOTA

Zürich atau Zurich (/ˈzjʊərɪk/, Bahasa Jerman Standar Swiss: Zürich [ˈtsʏrɪç], Bahasa Jerman Standar Jerman: Zürich [ˈtsyːʁɪç], Bahasa Jerman Swiss: Züri [ˈtsyɾi], Bahasa Perancis: Zurich [zyʁik], Bahasa Italia: Zurigo [dzuˈriːɡo], Bahasa Rumania:Turitg [tuˈritɕ], Bahasa Inggris: Zurich, [/ˈzjʊərɪk/ (zewr-ik)] atau [/ˈzʊərɪk/ (zoor-ik)])


Betapa indahnya belajar berbagai makharijul huruf dalam aneka bahasa, melafalkan sebuah nama dalam berbagai dialek, dan berkalimat dalam beberapa aksen sebagaimana Rasulullah dahulu bicara pada tiap kabilah dengan lahjah mereka. Ini akan membuat kita kian merenungkan tanda kebesaranNya yang Maha Mulia:

"Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah menciptakan langit dan bumi dan berlain-lainan BAHASA serta warna kulit kalian. Sesungguhnya pada yang demikan itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang mengetahui." (QS Ar Ruum: 22)


Dan agama ini menggarisbawahi bahwa hasil dari perbedaaan seharusnya bukanlah permusuhan, melainkan perkenalan. Kita berbeda agar kenal; dan dari perkenalan itu lahir kesalingfahaman; dari kesalingfahaman dimungkinkan bantu-membantu serta saling menolong. Dan puncak dari kesemua itu adalah kerendahan hati:

Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kalian dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kalian berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kalian saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kalian disisi Allah ialah orang yang paling takwa diantara kalian. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal. (QS Al Hujuraat: 13)

Kita semua dari Adam. Dan Adam dari tanah. Tidak ada kelebihan seorang Arab atas seorang Ajam atau Aurubba atau Turki atau Kurdi atau Hindi atau Shini atau Jawi; selain karena taqwa. Tak patut mengukur kemuliaan dengan bangsa, nasab, paras, jabatan, atau harta; melainkan taqwa.


Tapi taqwa yang seharusnya menjadi ukuran itu ternyata tersembunyi dalam dada. Sehingga kesimpulannya sederhana; mari berjuang untuk bertaqwa, sekaligus jangan pernah meremehkan siapapun di antara sesama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar