Selasa, 01 Agustus 2017

RIZQI & IKHTIAR


Mungkin kau tak tahu dimana rizqimu, tapi rizqimu tahu dimana engkau. Dari langit, laut, gunung dan lembah. Rabb memerintahkannya menujumu.

Allah menjamin rizqimu, sejak kau dalam kandungan ibumu. Maka melalaikan ketaatan pada-Nya demi mengkhawatirkan apa yang sudah dijamin-Nya adalah kekeliruan berganda.


Tugas kita bukan mengkhawatiri rizqi atau bermuluk cita memiliki, melainkan menyiapkan jawaban “Dari Mana" dan “Untuk Apa” atas tiap karunia.

Betapa banyak orang bercita menggenggam dunia, dia alpa bahwa hakikat rizqi bukanlah yang tertulis dalam angka, tapi apa yang dinikmatinya.


Betapa banyak orang bekerja membanting tulangnya hingga keluarga terabaikan. Manusia memeras keringatnya demi angka simpanan gaji yang mungkin esok pagi ditinggalkannya mati. Sekali lagi mereka lupa bahwa hakikat rizqi bukan apa yang tertulis dalam angka. Tapi apa yang telah dinikmatinya.

Amatlah keliru bila rizqi dimaknai dari hasil bekerja, dari perbuatan kita. Karena bekerja itu adalah bagian dari ibadah, sedang rizqi itu urusan-Nya.

Kita bekerja untuk bersyukur, menegakkan taat dan berbagi manfaat. Tapi rizqi tak selalu terletak di pekerjaan kita, Allah menaruh sekehendak-Nya.

Bukankah Hajar berlari 7x bolak-balik dari Shafa ke Marwa, tapi Zam-zam justru muncul dari bawah kaki bayinya? Ikhtiar itu laku perbuatan. Rizqi itu kejutan.

Ia kejutan untuk disyukuri hamba bertaqwa, datang dari arah tak terduga. Tugasnya cuma menempuh jalan halal, Allah lah yang melimpahkan bekal.

Dan jangan lupa, tiap hakekat rizqi akan ditanya, "Darimana dan untuk apa". Karena rizqi adalah "hak pakai". Halalnya dihisab. Haramnya diadzab.

Maka, jangan kau iri pada rizqi orang lain. Bila kau iri pada rizqinya, kau juga harus iri pada takdir matinya. Karena Allah membagi rizqi, jodoh dan usia umat-Nya tanpa bisa tertukar satu dan lainnya. Jadi yakinlah semua adalah dan atas kehendak-Nya.

Sekali lagi. Ikhtiar itu laku perbuatan. Rizqi itu kejutan.

Ingatlah. Ikhtiar itu perbuatan. Rizqi itu kejutan.

Barakallahu fiikum...

Wallahu a'lam...



#ReShared #Anonim


=================

Like & Follow:
FanPage FB: salingsapa.com
Twitter: @tweetsalingsapa
Instagram: @salingsapadotcom

👉 Join Our Channel on Telegram: telegram.me/salingsapadotcom

Dapatkan update jadwal siaran langsung event-event dakwah dan konten dakwah digital pilihan terbaru hanya di www.salingsapa.com

Juga dapatkan Aplikasi SalingSapa.Com GRATIS di Playstore :

SalingSapa.Com | Berteman dalam Kebaikan - Connecting the Goodness |


Tidak ada komentar:

Posting Komentar