Minggu, 09 Juli 2017

ARWAH

ARWAH
@salimafillah

Bertemu Mas @hamas.syahid di Soekarno-Hatta; hadits ini serasa bergema: ﺗﻨﺎﻛﺮ وﻣﺎ اﺋﺘﻠﻒ ﻣﻨﻬﺎ ﺗﻌﺮف ﻣﺎ ﻣﺠﻨﺪة ﺟﻨﻮد اﻷرواح اﺧﺘﻠﻒ ﻣﻨﻬﺎ

Ruh-ruh itu seperti pasukan yang dihimpun dalam kesatuan-kesatuan. Yang saling mengenal di antara mereka akan mudah saling terpaut. Yang saling merasa asing di antara mereka akan mudah saling berselisih. (HR Muslim dalam Shahihnya no 6376)


Dalam Musnad Imam Ahmad diceritakan, bahwa asbabul wurud hadits ini adalah ketika seorang wanita penduduk Makkah yang selalu membuat orang tertawa hijrah ke Madinah, ternyata dia tinggal dan bergaul dengan wanita Anshar yang sifatnya sama seperti dirinya, yakni suka membuat orang gembira. Karena itulah Nabi Shallallahu 'Alaihi wa Sallam tersenyum melihatnya dan menyabdakan hadits ini.


Al-Imam An-Nawawi mengatakan dalam Syarah Muslim, “Ruh-ruh itu saling mengenal karena suatu perkara yang Allah Subhânahu wa Ta’âlâ menciptakan ruh-ruh itu di atasnya.. Maka karena isi dunia ini adalah keimanan atau keingkaran; mereka yang taat pada Allah akan mudah dipertautkan dengan sesama hamba yang taat, dan dipisahkan dengan yang durhaka. ”

Abdullah bin Mas’ud Radhiyallahu ‘Anhu berkata, "Ruh itu seperti halnya tentara yang dipersiapkan akan bertemu dengan yang sepadan." Maka tersebut di dalam suatu permisalan: ﺗﻘﻊ أﺷﻜﺎﻟﻬﺎ ﻋﻠﻰ اﻟﻄﻴﻮر إن ﻣﺜﻠﻪ ﻓﻲ ﻳﺮﻏﺐ ﻓﻜﻞ

Sesungguhnya burung-burung itu akan bertengger bersama burung yang serupa parasnya. Maka setiap orang akan mencintai yang semisal dengan sifatnya.

Ya Allah sesungguhnya Engkau Maha Tahu bahwa hati kami semua telah berhimpun di atas cinta kepadaMu, berjumpa di atas ketaatan padaMu, bersatu untuk menyeru ke jalanMu, dan berjanji setia untuk memperjuangkan syariatMu..


Maka ya Allah kokohkanlah ikatannya, langgengkanlah kasih sayangnya, tunjukilah jalan-jalannya, penuhilah dengan nuur cahayaMu yang tiada pernah padam. Juga lapangkanlah dadanya dengan kurnia iman padaMu, dan jelitanya tawakkal padaMu. Hidupkan dengan ma'rifat mengenalMu. Dan matikanlah di atas kesyahidan di jalanMu.. Sesungguhnya Engkau sebaik-baik pelindung dan pembela..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar