Minggu, 09 Juli 2017

JAYALAH TELUK BERTELUK

JAYALAH TELUK BERTELUK
@salimafillah

Seperti apa kiranya yang dilihat oleh Kapten Spanyol, Ynico Ortis de Fretes ketika dengan kapal San Juan yang berangkat dari Tidore pada 16 Mei 1545 dia mampir di muara Sungai Memberamo ini dalam perjalanannya menuju Meksiko? Mungkin sebuah teluk berteluk yang lebih indah dari penampakannya sekarang.


Pada persinggahan 16 Juni 1545 itu, dia memberi nama wilayah yang berpenduduk asli Suku Tobati, Kayupulo, dan Nafri ini beserta para penghuninya sebagai Nova Guinea.

Penjelajah Spanyol berikutnya yang tercatat mampir adalah Alvaro Memdana de Neyra pada 1567, dan Antonio Martha pada 1591-1593.


Pada 15 November 1766, kapal Boudeuse dengan kapten Nicolas Pierre Duclos-Guyot dan kapal Étoile yang dikomandani François Chenard de la Giraudais berangkat dari Nantes, Perancis untuk melaksanakan ekspedisi keliling dunia yang dipimpin Louis-Antoine de Bougainville. Ekspedisi besar ini menyertakan 430 awak.

Rombongan ini berlabuh di Teluk Numbay pada 13 Agustus 1768. Mereka memberi nama rangkaian gunung Dafonsoro menjadi Pegunungan Cyclops. Dalam mitologi Yunani, Cyclops adalah raksasa bermata satu yang menyeramkan. Gunung yang ada di sekitar Skow juga mereka beri nama Bougainville, sebagaimana ahli botani yang turut dalam rombongan, Philibert Commerçon menggunakan nama sang navigator agung untuk suatu tanaman bunga.

Sesuai keputusan Gubernur Jenderal, pada 28 September 1909 Kapal "Edi" mendaratkan satuan detasemen dibawah komando Kapten Infanteri FJP Sache di muara Sungai Nau O Bwai. Ini adalah kata dalam bahasa Kayupulo yang berarti menghiasi diri. Pengucapan lain adalah Numbay yang berarti airnya sangat jernih.

Sache menamakan daerah ini Hollandia karena kemiripannya dengan pesisir utara Holland, Belanda. "Hol" berarti lengkung, teluk, berbukit. Dalam perkembangannya, kota ini lalu disebut Kota Baru, Soekarnopura, kemudian Jayapura.


Geliat dakwah di Papua dan segala tantangannya berdetak, berdenyut, dan berdebar dari kota ini. Teruntuk Shalihin dan Shalihat yang ingin mewakafkan diri bagi dakwah dengan berbagai kompetensi, betapa kehadiran Antum dinanti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar